5 Calon Rektor UGM Telah Terpilih

0 Comments

JAKARTA - Sempat rusuh ketika akan memilih rektor baru, kini Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta) telah memiliki lima calon rektor yang akan menggantikan posisi rektor sebelumnya, yaitu Sudjarwadi.

Lima calon rektor baru UGM ini, terpilih dalam rapat Pleno Gabungan Senat Akademik (SA) dan Majelis Guru Besar (MGB) UGM. Mereka adalah Pratikno (146 suara), Marsudi Triatmodjo (81 suara), Djagal Wiseso Marseno (66 suara), DanangParikesit (54 suara), dan Suryo Hapsoro Tri Utomo (35 suara).

Rencananya, kelima calon rektor terpilih akan mengikuti proses seleksi pemilihan tiga besar calon rektor di hadapan rapat pleno gabungan SA dan MGB yang berlangsung pada Senin mendatang. Dalam kesempatan tersebut, para calon rektor akan menyampaikan visi dan misi serta mengikuti proses tanya jawab dengan panelis yang terdiri atas pimpinan SA, MGB, MWA, serta mantan Rektor UGM.

Ketua MWA UGM Sofian Effendi menyampaikan rasa syukur atas proses tahapan awal pemilihan calon rektor yang berlangsung lancar. “Kami bersyukur karena sudah bisa melaksanaan pilrek dengan damai, aman, dan sejuk,” kata Sofian seperti dikutip dari situs UGM, Jumat (16/3/2012).

Selain itu, kata dia, tingkat dukungan anggota SA dan MGB dalam memberikan hak suara cukup signifikan. Sofian menyebutkan, sekira 97 persen anggota SA dan 72 persen anggota MGB telah menggunakan hak suaranya.

Menurut Ketua MGB Widyastuti, tingkat kehadiran anggota MGB dalam pilrek kali ini cukup tinggi karena banyak di antara anggota yang terkendala faktor fisik dan usia sehingga berhalangan hadir. “Jumlah ini lebih banyak dibandingkan rapat pleno dua bulanan MGB yang hanya dihadiri sekira 40 persen anggota MGB,” ujar Widyastuti.

Sehubungan dengan komposisi urutan calon rektor, Sofian menilai, hasil tersebut sangat rasional karena berdasarkan aspirasi masyarakat kampus. “Jumlah suara yang diberikan sesuai dengan kualitas rektor yang diinginkan. Paling tidak, kita bisa mengetahui tiga besar calon rektor pada hari Senin mendatang. Urutan bisa berubah. Tapi tidak banyak,” katanya.(mrg)(rhs)

sumber : okezone.com

Unknown

Blog ini merupakan media yang menampung berbagai gagasan dan curahan perasaan saya. Silahkan bagikan jika anda menganggapnya baik dan berikan kritik jika anda menemukan hal yang dapat saya perbaiki. Saya harap pembaca bisa bersikap kritis dalam membaca blog ini. Terimakasih telah berkunjung.

0 comments: