Menghianati Jurusan

4 Comments


“Menghianati jurusan”
Tulisan kali ini bisa jadi pertimbangan buat adik2 yang sebentar lagi akan melanjut ke perguruan tinggi.

Jurusan??
Kita semua tahu bahwa umumnya jurusan di SMA itu Ada dua yaitu IPA dan IPS, tetapi
ada juga sekolah  yang memiliki jurusan selain itu.  IPA fokus ke sains dan IPS mengarah ke sosial, kita memilih jurusan tersebut berdasarkan minat dan kemampuan yang kita miliki, Jika kemampuan kita lebih condong di fisika dan biologi maka pilihan yang tepat adalah IPA, sedangkan lebih suka mempelajari lika-liku sosial dan untung-rugi maka jurusan IPS lah yang tepat untuk itu.
Kita tidak akan panjang lebar membahas apa itu jurusan, yang mau kita bahas adalah
pemilihan prodi di PTN nanti. Sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya saya memberikan contoh dari prodi itu sendiri karena mungkin ada dari teman-teman yang masih belum tau apa itu prodi, maka dibawah ini adalah contoh dari prodi atau fakultas yang ada.

contoh pilihan prodi bagi jurusan IPA adalah :
Kedokteran
Teknik Elektro
Pendidikan Biologi
Matematika
arsitektur
Teknologi Informasi
Dll

Contoh pilihan bagi yang IPS :
Ekonomi
Hukum
Agribisnis
Statistika
Dll

Yang menjadi pertanyaan, bisakah pada SNMPTN nanti kita memilih prodi yang tidak sesuai dengan jurusan kitapada saat di SMA??

Jawabannya BISA.

Di SNMPTN nanti disediakan 3 option.
1. IPA
2. IPS
3. IPC (IPA+IPS)

Jika anda merupakan salah satu orang yang  mempunyai cita-cita yang berbeda jurusan dengan jurusan anda sekarang saat berada di SMA,  anda bisa memilih option No ke 3, yaitu IPC.
IPC merupakan gabungan dari IPA dan IPS. Anda akan diberikan 3 pilihan prodi dengan strukrur pilihan :

2IPA + 1IPS  atau  2IPS + 1IPA.

teman-teman yang rencananya akan mengambil option IPC maka teman-teman harus mengerjakan soal IPA dan IPS. Berdasarkan pada pengalaman saat SNMPTN lalu, tak sedikit juga orang yang memilih pilihan IPC, tetapi umumnya orang yang memilih IPC adalah siswa dengan jurusan IPA sewaktu SMA, mereka memilih IPC karena ingin memilih prodi yang diperuntukkan buat siswa yang jurusan IPS. tetapi jarang ditemukan siswa jurusan IPS memilih IPC, mereka hampir kebanyakan memilih option IPS.

Kemungkinan lulus di jurusan yang berbeda??
herannya, banyak juga orang yang lulus di prodi IPS sementara dia selama di sma adalah jurusan IPA, contohnya sendiri teman-teman saya, bahkan lulus di prodi yang tergolong favorit.
Memilih prodi yang bertolak belakang dengan jurusan kita semula memang terkesan seperti penghianat, tapi itu tidak jadi masalah, karena pemilihan prodi di PTN nanti mempengaruhi masa depan anda kelak.

Pilihan mu menentukan masadepan  mu
So be wise!!

Unknown

Blog ini merupakan media yang menampung berbagai gagasan dan curahan perasaan saya. Silahkan bagikan jika anda menganggapnya baik dan berikan kritik jika anda menemukan hal yang dapat saya perbaiki. Saya harap pembaca bisa bersikap kritis dalam membaca blog ini. Terimakasih telah berkunjung.

4 comments:

  1. Samuel Junatal Simanjuntak18 March 2012 at 14:49

    Haha,Betul itu ben.
    Pilihlah jurusan yang ingin kamu ambil sesuai dengan minat dan kemampuan.
    Jangan Menyerah sampai titik darah penghabisan

    ReplyDelete
  2. Benar samuel,
    Kau yg kumaksud itu
    :)

    ReplyDelete
  3. Samuel Junatal Simanjuntak19 March 2012 at 17:34

    ok ben.
    terima kasih telah memasukkan aku dalam artikelmu

    ReplyDelete
  4. sama2 mas samuel
    haha

    ReplyDelete