rahasia lulus di UGM

4 Comments



Postingan kali ini saya tulis karena banyak orang dan adik-adik kelas yang menanyakan kepada saya apa sih kiat atau rahasia saya bisa lulus di Universitas Gadjah Mada.
mungkin bagi sebagian orang lulus di universitas favorit itu merupakan hal yang biasa, tetapi
 bagi  saya itu merupakan hal yang luar biasa, merupakan suatu muzijat yang begitu besar.

Saya mengikuti SNMPTN tahun 2011, program yang saya pilih dalam SNMPTN adalah IPA, pilihan pertama saya  adalah  teknik elektro UGM  dan pilihan kedua saya adalah teknik elektro USU. Keduanya merupakan prodi Teknik Elektro, karena saya memang suka dengan pelajaran fisika, khususnya bagian listrik.
Puji Tuhan saya lulus di pilihan pertama,
Banyaknya peserta yang memilih teknik elektro UGM saat itu adalah 2.912 orang (termasuk Jalur Lain) , sedangkan yang diterima hanya 143 orang. Secara kasar presentase kelulusan hanya sekitar 5%, itulah kenapa saya mengatakannya luar biasa.



Apa sih kiatnya kak??

1. yang mendukung keberhasilan dan Kesuksesan kita adalah dengan adanya niat dan kemauan, mudah bukan?

Ya, jika anda memang sudah mempunyai niat dan kemauan maka peluang anda pada SNMPTN nanti sangat besar.


Mister X : lho kok gitu?? Orang yang punya kemauan dan niat itu banyak mas, jadi gimana tuh?

Ya benar, hampir semua pemimpi memiliki kemauan untuk mewujudkan mimpinya, begitu juga dengan SNMPTN, dapat pastikan bahwa siswa yang ingin mengikutnya hampir semua memiliki niat dan kemauan.  jadi buatlah diri anda satu tingkat diatas mereka.


Mister X : maksudnya?? 

Maksudnya adalah anda harus memiliki kemauan Lebih dibanding mereka.
begitu juga dengan niat dan tekad anda, anda harus benar-benar menanamkan  niat itu didalam pikiran anda, anda harus mempunyai tekad bahwa saya harus lulus di seleksi nanti, saya pasti bisa. Hal itu tanpa anda sadari akan mendorong diri anda untuk mencapai keinginan itu.
Niat dan kemauan yang saya  maksud adalah bukan sekedar niat di hati atau omongan semata, tetapi niat dan kemauan untuk belajar dan belajar, kemauan untuk berlatih, kemauan untuk memulai.

Omong kosong, jika niat dan kemauan itu hanya ada didalam pikiran anda.




2. Rahasia utama saya bisa lulus pada sat itu adalah saya meminta bantuan dan bekerjasama.

Wahh curang dong!!
Huuuu…..


Eitts...
Bantuan dan kerjasama yang saya maksud adalah bantuan dari Tuhan, jujur jika hanya mengandalkan kemampuan saya sendiri, saya pastikan bahwa saya tidak dapat lulus pada saat itu, karena pasti banyak orang yang lebih pintar dari saya.
seperti yang anda tahu, bahwa SNMPTN diikuti oleh seluruh pelajar Nasional, sebagian berasal dari kota-kota besar dan dari  SMA unggulan serta Favorit.  dengan kemampuan saya yang seadanya, rasanya tidak mungkin lulus pada saat itu, tapi kenyataanya saya lulus.

apa rahasianya??  Rahasianya saya meminta bantuan dari Tuhan, caranya dengan Berserah lah kepada-Nya dan nyatakan kepada Tuhan bahwa diri kita tidak ada apa-apanya dan kita membutuhkan pertolongan-Nya,  berdoalah dan minta agar Tuhan membantu anda mulai dari saat ini, katakan bahwa anda memang benar-benar mau untuk berusaha.
Setelah itu mulailah dengan doa disaat anda mau memulai belajar dan mengakhirinya, agar kita dimampukan untuk memahami pelajaran tersebut.

Jika teman-teman selama ini memulai belajar tanpa berdoa, mulailah dengan berdoa, pasti anda akan merasakan sesuatu yang berbeda. (untuk semua agama, doa itu dianjurkan)

Yang harus anda ingat adalah "withoud God I’m nothing, with God I’m everything"
percayalah bahwa tidak ada yang mustahil.


3. Belajar

Ya iyalah, kalau gak belajar, kecil kemungkinan buat lulus. Belajar yang rajin dan belajarlah dengan efektif.

Dengan mengingat waktu yang semakin dekat ini, belajar dengan efektif adalah salah satu cara kita untuk dapat lulus di Seleksi nanti.
Anda harus kuat di rumus-rumus dasar (konsep), maksudnya anda harus paham dan mengerti di setiap topik pelajaran, karena dengan seperti itu anda akan lebih mudah mengingatnya.

Cari soal-soal yang sering keluar 5 tahun belakangan ini,  Klik disini jika ingin melihat soal soal yang sering keluar di SNMPTN.
Setelah itu perdalam konsepnya, kerjakan soal-soalnya, karena dengan berlatih mengerjakan soal-soal kita nantinya akan  lebih mudah untuk mencari solusi dari soal-soal yang akan diujikan.
Saran saya sih beli buku yang ada soal dan penyelesaian SNMPTN nya, karena kita akan lebih mudah mengerti.


saya kira itu saja saran dari saya, kuncinya adalah :
  kemauan(tekad) + minta bantuan Tuhan + Usaha(belajar efektif) = LULUS

mister x : hanya itu toh??

Ahh, gak percaya banget sih mister X nih, anak siapa sih ini?? Haha
Coba dan buktikan, maka anda akan megetahuinya sendiri.

Yang penting jangan malas-malasan lagi, gak ada waktu lagi bung, pelajari soal-soal yang sering keluar, perdalam konsepnya, banyak-banyak berlatih. Gak ada lagi waktu buat main, gak ada lagi waktu buat nge-Game, gak ada lagi waktu untuk pacaran, gak ada lagi waktu untuk semua hal yang menghabiskan waktu anda sia-sia.
Sudah cukup waktunya untuk bersantai, sekarang adalah waktunya untuk beraksi.
tidak tau kah anda bahwa pesaing-pesaing anda sekarang sudah memiliki persiapan yang matang??
Tidak tau kah anda bahwa selama ini ketika anda bersantai, pesaing-pesaing anda sibuk dengan belajar??
Sudahkah anda menguasai materi-materi yang akan diujikan??
Atau bahkan anda belum pernah berlatih dan mengerjakan Soal SNMPTN.

Jika anda memang seperti itu, Mulailah dari sekarang, bangun dan bangkit, coba kejar ketertinggalan anda, berubahlah dan minta pertolongan Tuhan.
Ingatlah, bahwa apa yang anda kerjakan sekarang mempengaruhi masa depan anda.

Tidak ada cita-cita yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah upaya yang tidak sesuai dengan tingginya cita-cita kita tersebut. Tetap semangat dan optimis, jangan lupa berdoa, karena semua itu dibawah kuasa Tuhan.


:*

Unknown

Blog ini merupakan media yang menampung berbagai gagasan dan curahan perasaan saya. Silahkan bagikan jika anda menganggapnya baik dan berikan kritik jika anda menemukan hal yang dapat saya perbaiki. Saya harap pembaca bisa bersikap kritis dalam membaca blog ini. Terimakasih telah berkunjung.

4 comments:

  1. gokil bget tu karya tulis bro,,,

    law bisa q minta motivasi yg ampuh gtu,,,,????

    ReplyDelete
  2. jangan lupa juga kuncunggi blogg ku ya bro..."

    ReplyDelete
  3. alamatnya mana mas??

    ReplyDelete