sekilas SNMPTN

0 Comments


SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) merupakan salah satu akses masuk terbesar ke perguruan tinggi negeri, jalur ini diselenggarakan oleh pemerintah setiap tahunnya di setiap provinsi.
sebenarnya bukan hanya SNMPTN saja gerbang untuk
masuk ke perguruan tinggi, ada juga UMB, Ujian Mandiri, dll, tapi setahu saya yang paling digemari oleh siswa adalah melalui SNMPTN, UMB dan ujian lainnya hanya sebagai cadangan apabila SNMPTN nanti tidak lulus.

 apa yang diujikan dalam SNMPTN??
yang diujikan dalam kemampuan dasar adalah :
1. Matimatika Dasar
2. Bahasa Indonesia
3. Bahasa Inggris

Kemampuan IPA :
1. Matimatika IPA
2. Fisika
3. Kimia
4. Biologi

Kemampuan IPS :
1. Sejarah
2. Ekonomi
3. Geografi
4. Sosiologi
banyak misteri yang terjadi pada saat SNMPTN, salah satunya adalah "banyak orang yang pintar tidak lulus".
melihat fakata pada SNMPTN 2011 yang lalu bahwa, Sebanyak 154.954 peserta SNMPTN atau 28 persen dari total peserta tidak lolos seleksi meski memperoleh nilai di atas rata-rata nasional.
wahh... sungguh menyakitkan, alasan dari semua itu adalah karena siswa cenderung memilih  satu program studi yang dinilai favorit dengan tingkat persaingan yang sangat tinggi.

misalnya begini, Adi merupakan siswa yang sudah tak diragukan lagi kemampuannya (pintar), sedangkan jono siswa yang biasa-biasa saja, dalam SNMPTN tahun lalu Adi murid yang pintar itu memilih jurusan yang sangat diminati contohnya kedokteran UGM, sedangkan  jono hanya memilih peternakan UNPAD. dan pada saat pengumuman SNMPTN  jono lulus, sedangkan Adi tidak lulus.
Why???  Adi kan lebih pintar dari Jono, kenapa Adi yang tidak lulus??
masalahnya adalah karena tingkat kompetensinya berbeda.
dari data berikut:
jumlah peminat kedokteran UGM tahun lalu :  1361orang
daya tampung : 127 orang
jumlah peminat ilmu peternakan UNPAD tahun lalu : 475 orang
daya tampung : 250 orang
pasti teman-teman tahu kenapa mereka tidak lulus, selain karena banyaknya saingan, alasan lain adalah yang memilih kedokteran UGM bisa dikatakan orang yang benar-benar pintar, sehingga yang menjadi kompetitor aldi kebanyakan orang pintar semua.
Itulah kenapa kita harus pandai menentukan jurusan yang sesuai dengan kemampuan kita.

dalam menghadapi soal soal snmptn kita harus memiliki trik, untuk tahu trik-trik nya klik disini.

Unknown

Blog ini merupakan media yang menampung berbagai gagasan dan curahan perasaan saya. Silahkan bagikan jika anda menganggapnya baik dan berikan kritik jika anda menemukan hal yang dapat saya perbaiki. Saya harap pembaca bisa bersikap kritis dalam membaca blog ini. Terimakasih telah berkunjung.

0 comments: