Strategi dalam SNMPTN

0 Comments


Kita harus mempunyai strategi dalam menghadapi apapun, seperti halnya ahli perang suntzu , dia hampir tidak pernah kalah dalam menghadapi peperangan, alasannya adalah karena dia selalu menyusun strategi terlebih dahulu untuk mengalahkan musuhnya, alhasil musuh yang lebih besar dan yang lebih kuat pun dapat terkalahkan.
 
Sama halnya dengan persaingan di SNMPTN yang hanya tinggal hitungan bulan , kita harus mempunyai rencana dan strategi untuk dapat mengalahkan kompetitor kita yang mungkin jauh lebih pintar dari kita. Disini saya akan memberitahu beberapa strategi tersebut.
1.Berdoalah dan minta bantuan Tuhan, karena semua yang anda rencanakan beradai dibawah kehendak-Nya.

2. suntzu mengatakan, kenali dirimu, kenali musuhmu, kenali medan peperanganmu, maka Engkau akan menang didalam Pertempuran tersebut.
Sama  halnya dalam SNMPTN, Kenali terlebih dahulu soal-soalnya.
Maksudnya adalah carilah dan kumpulkan soal-soal seleksi tahun-tahun sebelumnya, kalau bisa soal –soal SNMPTN 10 tahun kebelakang, klik disini jika ingin mendownload soal-soal tersebut.

Kebanyakan soal SNMPTN memiliki pola soal yang hampir sama dari tahun ke tahun, yang mungkin diubah hanyalah variasi soal tersebut, bahkan ada yang nyaris sama.
Ada 3 jenis soal dalam SNMPTN, yaitu :
1. Soal dengan pola baru
2. Soal dengan pola sama sedikit modifikasi
3. Soal yang percis sama.

Apakah anda tidak percaya bahwa ada soal SNMPTN yang percis sama??
Ini buktinya  :

Biologi SPMB 2005 rayon A  NO.1
1. Sel fagosit berperan penting dalam memangsa benda asing yang masuk ke
dalam tubuh, sehingga organel yang paling banyak terdapat di dalam sel ini
adalah ….
(A). badan Golgi
(B). retikulum endoplasma
(C). mitokondria
(D). lisosom
(E). ribosom


Biologi SPMB 2007 rayon A   NO.3
3. Sel fagosit berperan penting dalam mengasa benda asing yang masuk ke
dalam tubuh, sehingga organel yang paling banyak terdapat di dalam sel ini
adalah ….
(A). badan golgi
(B). retikulum endoplasma
(C). mitokondria
(D). lisosom
(E). ribosom

Soal dengan Pola yang mirip
Kimia SPMB 2007 reg I  No.02 dengan Kimia SPMB 2004 reg I No.05 dan Kimia SPMB 2005 reg I No.03  yang ketiga tiganya menanyakan tentang jumlah electron yang tidak berpasangan.


Dan masih banyak soal soal yang mirip dan percis sama.


3.Berbagai pengalaman, yang saya lakukan saat menjelang SNMPTN adalah mempelajari pola soal.  Lihatlah pola-pola soal yang sering keluar, pelajari dan cermati bab-bab dari tiap mata pelajaran yang sering keluar di SNMPTN

Contoh : soal kimia tahun 2001
Soal pertama dari bab atom
Soal kedua dari bab larutan
Soal ketiga dari bab stokiometri

Dan selanjutnya, kemudian teruskan sampai soal SNMPTN 10 tahun terakhir (2001-2011), kemudian anda dapat melihat soal mana yang sering keluar.
Setelah anda mengetahui jenis soal dan bab yang sering keluar 10 tahun terakhir anda dapat mempelajari bab dan topikdari soal yang sering keluar, dan anda juga dapat memprediksikan apa soal yang kemungkinan akan keluar di tahun ini. Percayalah, mempelajari pola soal seperti itu sangat membantu, apalagi buat adik-adik yang bingung mau memulai dari mana dikarenakan sempitnya waktu, untuk  mengatasi itu pelajarilah Bab yang soal-soal nya sering keluar di SNMPTN tersebut.

4. Rajin lah berlatih mengerjakan soal-soal, bila perlu kerjakan semua soal-soal 10 tahun terakhir, karena dengan sering mengerjakan soal anda akan terlatih dan mudah untuk menganalisa soal. Mintalah bantuan guru jika terbentur.

5. jika sudah melakukan semua hal diatas. Uji diri anda sendiri, maksud saya, kerjakan soal SNMPTN tahun sebelumnya (soal yang sama sekali belum pernah anda bahas) dengan time limit/ waktu pengerjaan seperti ujian yang sesungguhnya, jangan melihat jawaban dahulu, usahakan semampu anda, jika sudah selesai baru periksa jawaban anda dengan kunci jawaban.
Dengan begitu anda akan mengetahui seberapa besar kemampuan anda.  Yang lebih bagus lagi ikuti try out yang diadakan sekolah maupun bimbingan belajar, karena itu akan melatih anda dan memotivasi anda. Berdasarkan pengalaman saya, dengan mengikuti Try Out, kita akan termotivasi untuk lebih giat lagi belajar dan terbiasa dengan kondisi Ujian sesungguhnya.

6. Lebih giat lagi untuk belajar, usahakan untuk mengurangi waktu bermain, jangan samakan cara anda belajar sebelumnya dengan sekarang, make a change!!. anda perlu mengetahui bahwa lawan (kompetitor) anda nanti sangat banyak dan dari kota-kota besar serta SMA favorit  dengan kualitas yang sangat tinggi, untuk itu belajar lah dengan giat, tidak ada lagi waktu untuk bersantai. Buatlah persiapan yang benar-benar matang,

7. Janganlah membenci atau tidak menyukai salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam SNMPTN, karena itu akan menggagalkan anda.  contohnya saja saya, jujur pada sma dahulu saya tidak terlalu suka pelajaran Bahasa Indonesia, tetapi setelah melihat pola soal dan berlatih mengerjakan soal-soal, saya merasa bahwa Pelajaran Bahasa Indonesia itu sangat membantu, karena tidak membutuhkan perhitungan untuk mengerjakannya,  jadi anggaplah bahwa semua pelajaran itu sama pentingnya. Karena point benar untuk semua soal SNMPTN adalah sama.


8. Jaga kesehatan anda, karena segala persiapan yang telah anda lakukan  akan percuma jika tidak didukung oleh kesehatan anda. Kondisi yang tidak fit dapat membuat anda bekerja tidak maksimal. Coba anda bayangkan ketika saat Ujian anda sedang terkena flu, wahhhh, pastinya akan merepotkan.
(saya mengetahuinya karena saya mengalaminya saat ujian) hahaha

9. Ikuti bimbingan belajar, karena disana anda akan mendapatkan lebih banyak latihan dan motivasi yang besar.  sebagian bimbingan juga mengajari siswanya cara cepat mengerjakan soal (contohnya, ganesha operation dengan rumus the king, buana education dengan caBE), bagi teman-teman yang memiliki kendala untuk ikut bimbingan, don’t worry, belajarlah dengan giat dan sungguh-sungguh, karena kunci utamanya hanya ada pada diri sendiri.

Yaa.. Saya kira hanya itu tips dari saya, tetap semangat.

Ingat.
Tidak ada cita-cita yang tertalu tinggi, yang ada hanyalah upaya yang tidak sesuai dengan tingginya cita-cita kita tersebut.

Unknown

Blog ini merupakan media yang menampung berbagai gagasan dan curahan perasaan saya. Silahkan bagikan jika anda menganggapnya baik dan berikan kritik jika anda menemukan hal yang dapat saya perbaiki. Saya harap pembaca bisa bersikap kritis dalam membaca blog ini. Terimakasih telah berkunjung.

0 comments: