sistem telepon selular

1 Comments


Saat ini telepon selular merupakan salah satu perangkat komunikasi yang memiliki pertumbuhan yang sangat besar, karena telepon selular memiliki kriteria yang memang diperlukan oleh publik.
untuk itu kali ini kita akan membahas tentang komunikasi selular.

1.     1. Perkembangan sistem telepon selular
2.     2. Prinsip kerja sistem selular


Perkembangan sistem telepon selular
kita pasti sudah sering mengenal istilah 2G, 2.5G, 3G dll, tapi apakah kita semua sudah mengerti apa yang dimaksud dari istilah diatas?
Sistem telepon selular selalu mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu, pembaharuan dan perbaikan terus menerus dilakukan.

AMPS (Advanced Mobile Phone System) merupakan sistem pertama yang digunakan dalam komunikasi selular, sistem ini disebut 1G. AMPS masih menggunakan isyarat analog dan asup jamak bersifat FDMA (Frequency-Division Multiple Access)
Setelah itu dikenal teknologi GSM (Global System for Mobile) dan CDMAOne yang merupakan generasi kedua 2G . pada generasi kedua ini, isyarat sudah berupa digital, untuk asup jamaknya GSM menggunakan TDMA (Time-Division Multiple Access) sedangkan CDMAOne menggunakan CDMA (Code-Division Multiple Access). 2G memiliki kelebihan daripada 1G, yaitu teknologi 2G tersebut sudah dapat memberikan layanan Data kepada pelanggan/MS (Mobile Station), tetapi dengan kecepatan yang seadanya.

untuk memperbaiki kelemahan 2G tersebut hadirlah Generasi  2.5G yang kita kenal dengan GPRS (perkembangan dari GSM) dan CDMA 1X-RTT . teknologi 2.5G tersebut dikatakan sudah dapat memberikan layanan data dengan pesat diatas 110 Kbps.

setelah itu munculah Generasi ketiga 3G yang mampu memberikan layanan data dengan pesat 2Mbps. CDMA 1X Ev-DV (evolusi dari CDMA 1X-RTT) dan WCDMA/UMTS (evolusi dari GPRS) merupakan contoh dari teknologi 3G . WCDMA/UMTS berganti dari TDMA menggunakan sistem CDMA.

kemudian munculah  4G yang dapat melayani koneksi data dengan kecepatan yang sangat tinggi, WCDMA berevolusi menjadi LTE-A dan teknologi baru WiMAX.
untuk generasi keempat ini, akses sudah menggunakan OFDMA










itulah perkembangan sistem komunikasi selular saat ini.
untuk poin 2 akan kita bahas di postingan berikutnya

Unknown

Blog ini merupakan media yang menampung berbagai gagasan dan curahan perasaan saya. Silahkan bagikan jika anda menganggapnya baik dan berikan kritik jika anda menemukan hal yang dapat saya perbaiki. Saya harap pembaca bisa bersikap kritis dalam membaca blog ini. Terimakasih telah berkunjung.

1 comment:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai telepon selular, berikut linknya semoga bermanfaat ya :D
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2725/1/16.pdf

    ReplyDelete