Lampu Halogen

0 Comments



lampu halogen adalah lampu yang dibuat dari kaca kuarsa yang tipis dan tahan panas, pada lampu halogen ditambahkan sedikit gas halogen seperti ioidin dan bromin. Lampu halogen biasanya digunakan pada kendaraan seperti sepeda motor, mobil, dll. Hal tersebut dikarenakan lampu halogen memiliki usia hidup yang cukup panjang dan pencahayaan yang terarah.

How it works?
cara kerja lampu halogen umumnya sama dengan lampu pijar, yaitu menggunakan filamen tungsten,  pada lampu pijar arus listrik yang mengalir akan memanaskan filament hingga mencapai suhu sekitar 2000oC, hal tersebut mengakibatkan tungsten akan menguap dan terkondisasi pada dinding/kaca lampu sehingga menyebabkan kaca lampu menjadi hitam, semakin banyak tungsten yang menguap semakin menipis tungsten dan mengakibatkan putus, hal tersebut tidak efisien. Oleh karena itu pada lampu halogen diberikan gas halogen (pada gambar bewarna merah), sehingga pada saat tungsten menguap, gas halogen tersebut akan mengikat uap tungsten tersebut dan membentuk  senyawa tungsten halida, ketika senyawa tersebut menabrak tungsten yang sedang membara, maka senyawa tersebut akan terpisah kembali dimana gas halogen akan terlepas dan uap tungsten kembali melekat ke filamen, hal tersebut terus terjadi dan menyebabkan filament tungsten awet sehingga lampu halogen memiliki Umur hidup yang panjang. Terkadang pada lampu ini diberikan sedikit unsur xenon yang bertujuan untuk menghasilkan cahaya lebih.

Rata-rata usia hidup : 3500 hours

Fungsi : lampu kendaraan bermotor, lampu sorot, penerangan pada lukisan, kolam, patung, penerangan pada mall.

Harga :

Warna cahaya yang dihasilkan : kekuningan

Lumen : 1400

Suhu warna : (3000k-3200k)



Unknown

Blog ini merupakan media yang menampung berbagai gagasan dan curahan perasaan saya. Silahkan bagikan jika anda menganggapnya baik dan berikan kritik jika anda menemukan hal yang dapat saya perbaiki. Saya harap pembaca bisa bersikap kritis dalam membaca blog ini. Terimakasih telah berkunjung.

0 comments: