Bagaimana menulis CV yang baik

0 Comments


Curriculum Vitae atau yang sering kita kenal dengan CV adalah salah satu hal yang pasti diperlukan dalam melamar pekerjaan, Curriculum Vitae berisi informasi diri kita dan rangkaian kegiatan serta organisasi (Berkaitan)yang telah kita ikuti.
taukah anda bahwa CV itu begitu penting??
sebagai ilustrasi, suatu perusahaan ingin mencari 4 orang pegawai baru dan mereka memasang iklan lowongan pekerjaan (Job Vacancy) di sebuah surat kabar ternama, setelah memasang iklan tersebut, mereka mendapatkan 1200 orang pelamar, itu terlalu banyak dan yang hanya mereka butuhkan hanya 4 orang, jika mereka mengadakan tes pada semua pelamar tersebut , bisa anda bayangkan berapa jumlah yang harus dikeluarkan oleh perusahaan tersebut,  jadi hal yang dapat mereka lakukan adalah melakukan seleksi Besar-besaran untuk mendapatkan hasil yang lebih sedikit, pembersihan awal yang mereka lakukan adalah melalui seleksi CV.
CV itu bagaikan gambaran luar terhadap sesuatu, contohnya ada 2 masakan padang yang berbeda, yang satu dibungkus dengan kotak yang rapi dan menarik kemudian yang satunya lagi hanya dibungkus dengan kertas Koran, jika anda dengan waktu yang singkat disuruh memilih maka anda pasti memilih makanan yang memiliki bungkus kotak yang rapi dan menarik , begitu juga denga ilustrasi perusahaan diatas.
jadi anda sudah dapat menjawab pertanyaan diatas bahwa CV itu sangatlah penting.

selanjutnya bagaimna CV yang baik??

anda bisa melihatnya disini

dan contoh CV nya disini

sekedar tambahan
tadi pagi saya mendapatkan kuliah  mengenai CV dan surat lamaran, dosen saya tersebut  tergolong sering menjadi penyeleksi pegawai baru di perusahaan-perusahaan, yang terpenting dalam CV menurut beliau :

  1. Email
    Email yang anda tuliskan di CV sebaiknya berinisialkan dari nama anda, contohnya BenyPardede@hotmail.com
    contoh email yang buruk : ahiz22Oce@yahoo.com
    nama email juga dapat menunjukkan kepribadian kita, email buruk diatas menunjukkan tingkah kita yang masih kekanak-kanakan (Childish) dan belum dewasa, untuk itu bagi anda yang belum memiliki email seperti yang disarankan buatlah dari sekarang, usahakan nama belakang anda tidak disingkat .
  2. CV tidak perlu terlalu tebal, hal tersebut akan membuat petugasnya muak, usahakan CV yang anda buat terperinci dan singkat.

    Apakah saya perlu mencantumkan seluruh pelatihan, kepanitiaan yang pernah saya ikuti??
    Jawabannya adalah : Jadikan Requirement pekerjaan tesebut menjadi patokannya

    Misalkan requirementnya dituliskan
    - Pelamar harus menguasai pemrograman dengan bahasa C
    - Pelamar harus bisa berbahasa Jerman

    kalau requirementnya seperti diatas, maka pelatihan-pelatihan mengenai pemrograman dan kursus bahasa jerman yang pernah anda ikuti harus anda cantumkan, karena hal itulah yang benar-benar diperlukan oleh perusahaan, hal tersebut akan meyakinkan mereka bahwa anda memang benar-benar berkompeten dalam hal tersebut. jika CV anda masih terlalu sedikit anda bisa menambahkan semua pelatihan dan kursus yang pernah anda ikuti, tetapi jika sudah terlalu banyak dan tebal, sebaiknya tidak usah, anda harus memilih hal apa yang perlu anda cantumkan, sesuaikan dengan permintaan pekerjaan tersebut. mencantumkan seluruh hal pada CV akan menyebabkan CV anda buruk dan seperti sampah.

    Kata kuncinya adalah requirement lowongan tersebut.

    poin- poin berikutnya akan saya tulis di postingan berikutnya

Unknown

Blog ini merupakan media yang menampung berbagai gagasan dan curahan perasaan saya. Silahkan bagikan jika anda menganggapnya baik dan berikan kritik jika anda menemukan hal yang dapat saya perbaiki. Saya harap pembaca bisa bersikap kritis dalam membaca blog ini. Terimakasih telah berkunjung.

0 comments: