Inverting Amplifier (penguat terbalik)

0 Comments


Inverting Amplifier adalah penguat pembalik artinya output yang dihasilkan berbeda fase 1800 dari input, jika tegangan input bernilai negative maka outputnya akan positif dan sebaliknya. Inverting amplifier saat ini sangat banyak digunakan. Inverting Amplifier membutuhkan 2 buah resistor seperti yang terlihat digambar dibawah ini

Output yang dihasilkan dari Inverting Amplifier adalah   

Darimana asal persamaan diatas??

mari kita lakukan Analisa dengan menggunakan Virtual Ground.


Gambar diatas merupakan rangkaian equivalent inverting Amplifier, yang didalam kotak merah tersebut adalah OpAmpnya, kita mengetahui bahwa idealnya Ro=0 dan Ri= tak hingga, sehingga dapat dirangkai ulang seperti gambar dibawah ini.





Kita menggunakan Virtual Ground, titik ditengah memiliki tegangan=0
sehingga kita dapat menggunakan persamaan



Atau dengan cara mudahnya saja, hanya menggunakan konsep logika seperti yang diajarkan Dosen Elektronika Dasar saya pak Eka



Arus I1 sama dengan I2, hal tersebut karena tidak ada arus yang dapat memasuki OpAmp karena memiliki Input Impedance yang sangat tinggi (ideal tak hingga). Kita mengetahui bahwa V(+) = 0 karena V(+) terhubung dengan Ground, dan kita tahu bahwa V(+) = V(-).




Unknown

Blog ini merupakan media yang menampung berbagai gagasan dan curahan perasaan saya. Silahkan bagikan jika anda menganggapnya baik dan berikan kritik jika anda menemukan hal yang dapat saya perbaiki. Saya harap pembaca bisa bersikap kritis dalam membaca blog ini. Terimakasih telah berkunjung.

0 comments: