melihat kualitas waktu seorang mahasiswa

, 7 Comments




Tik tik tik, waktu bergerak terus tanpa ada hentinya, jarum jam bergerak memutari orbitnya, tak terasa hari ini telah berlalu, apa yang telah kita peroleh hari ini? Seakan hari ini berlalu tanpa ada makna yang tertinggal didalamnya, terkadang saya mengalami hal tersebut, apakah anda juga mengalaminya? Kualitas waktu hidup kita adalah sangat rendah, yang artinya kita dengan mudah menggunakan waktu kita untuk hal-hal yang sebenarnya tidak berguna, coba lihat dinegara tetangga seperti singapura, Jepang, dan Negara lainnya, mereka sangat menghargai waktu dan melakukan hal-hal yang sangat berguna, 1 menit sangat berarti di mata mereka, mungkin itulah yang membuat mereka dapat maju, karena mayoritas warganya menghargai waktu, bagaimana dengan kita? Bagaimana dengan kita sebagai  seorang mahasiswa?  Kita selalu menuntut dan mengeluh kepada Negara ini, selalu menyalahkan, menyalahkan dan menyalahkan orang lain, seakan HANYA orang lainlah yang menjadi penyebab semua ini, tapi apakah pernah terpikir di benak kita bahwa kita juga membawa pengaruh terhadap maju-bobroknya Negara ini? Ya, kita lah bibit-bibit itu, bibit yang akan membawa Negara kita yang tercinta ini keluar dari lubang hitam itu. Kita yang akan memimpin Indonesia ini, akan tetapi jika kita masih terjebak di siklus yang salah ini maka itu hanya sekedar ocehan belaka, sebaliknya kitalah yang nantinya menjadi DESTROYER besar dan SAMPAH bagi Indonesia kita yang tercinta ini, dan kemudian anak-cucu kita akan mengeluh dan menuntut sama seperti apa yang kita lakukan sekarang, mereka akan mengatakan “Dasar pemerintah yang tak becus”, “kapan Indonesia bisa menjadi seperti China?” , “Indonesia tidak akan bisa maju” , “korupsi merajalela dimana-mana, hancurlah sudah Indonesia ini”  hahaha, sama seperti apa yang kita ucapkan sekarang bukan?? Ya, semua akan berulang dan berulang dan akhirnya Kita tidak pernah maju.
jadi apa tindakan kita sekarang?? Terus mengoceh??

mungkin pembukaan artikel saya ini terlalu panjang, tetapi itu hanya sebagai pembakar semangat bagi kita sebagai seorang mahasiswa, untuk itu marilah kita mengatur waktu dan memanfaatkannya dengan baik.

dibawah ini saya analisa kemana saja waktu saya berlalu
6.15 > Bangun kemudian tidur lagi
6.30 > bangun dan persiapan menuju kuliah
7.00 > Kuliah
9.30 > selesai kuliah, Online sebentar pakai WIFI di kampus
(Buka facebook update status, ngecheck Twitter, ngelihat PP orang, login kaskus, baca MCI dan 9GAG, baca berita di Vivanews, Kompas, detik)
11.30 > gak terasa uda 2 jam berlalu, lapar pergi makan dulu ahh
13.00 > Kuliah (ngantuk, ga merhatiin Dosen, bahkan ada yang masih ngelanjutin Online di kelas)
15.30 > selesai kuliah, ada niat mau ngerjain tugas tapi ngecheck status FB dulu ahh, menjanjikan diri hanya untuk ngecheck notifikasi.
15.45 > keasyikan FB, kebetulan ada teman yag ngechat, harus dibalas.
16.30 > nyadar kalau uda lewat 1 jam, mulai belajar serius.
16.45 > bosan ahh, belajar sambil dengar music pakai Headset kan asyik, cari-cari lagu buat nemenin belajar
16.55 > nemu lagunya, belajar dilanjutkan
17.05 > jenuh lagi, buka-buka folder ga sengaja nemu Video atau Film yang sebenarnya uda pernah dilihat, tapi diputar lagi.
17.20 > ngelihat jam, ah ngerjain tugas dulu lah .
17.35 > lapar, mana bisa belajar kalau lapar, pergi makan
18.00 > sampe di kos, mandi
18.30 > Nonton TV sebentar (bagi yang ada TV), online (bagi yang ada koneksi)
19.00 > nyadar kalau uda jam 7, gundah dan menyesal telah menghabiskan waktu, kali ini aku harus belajar serius, semangat!!!, buat kopi dulu ah, biar belajarnya konsen.
19.20 > mulai belajar
19.40 > cari-cari headset dan muter lagu
19.50 > ngelanjutin belajar
20.30 > lelah, jenuh, ngelihat jam. Uda ahh belajarnya. Seakan-akan uda belajar banyak, padahal
21.00 > nonton TV, Internetan.
22.00 > mau tidur, tapi saat mau tidur kepikiran sama tugas tadi yang belum selesai, ga bisa tidur, mutusin ngerjain tugasnya besok subuh jam 5 sebelum berangkat kuliah, nyetel alarm
22.30 > tidur
Besoknya
5.00 > kreng, kreng, kreng, alarm berbunyi, dimatiin, bangun sebentar, tidur lagi
7.00 > sadar uda pagi, lihat jam, terlambat kuliah dan tugas belum selesai.

Begitulah terkadang saya menghabiskan waktu saya tanpa saya sadari, disaat mahasiswa di ngeri lain berlomba-lomba untuk berkarya dan belajar, saya malah . . .
apakah anda juga melakukan hal yang sama?


Dari timeline diatas persentase kegiatan untuk 16 jam (waktu sadar, 7.00 – 23.00)
5 jam untuk  belajar (belum tentu di kampus memperhatikan dosen)
11 jam untuk useless thing
Jika rata-rata usia kita 70 tahun, maka 50 tahun lah waktu yang kita gunakan untuk TIDAK BELAJAR, hanya 20 tahun untuk belajar
suatu pembodohan bukan??
ingat, kita lah penentu masa depan Indonesia kelak, jika kita masih seperti itu, persalahkanlah dirimu atas apa yang terjadi di Indonesia hari ini, karena gambaran kedepannya juga akan sama jika kita belum berubah.

saya baru membeli buku yang berjudul How to save an hour karya Michael Heppell
ada beberapa point penting yang saya dapatkan dari buku tersebut, diantaranya.


  • Sebelum tidur buat diri anda tenang dan tuliskan 5 hal penting yang akan anda lakukan esok, ingat 5 hal penting. contohnya
    saya besok harus dapat
     mengerjakan Laporan praktikummengikuti kuliah dengan FOKUS mengerjakan Tugas Elektronika AnalogMenyelesaikan Poster seminar nasionalmembaca buku Sistem mikroprosesor bab 3.
    hal tersebut akan mensugesti otak anda sehingga anda terdorong untuk melakukan hal tersebut diatas, selama tidur pikiran tersebut akan tetap bekerja dan besoknya anda akan merasa benar-benar harus mengerjakan hal tersebut.
    lakukanlah hal itu setiap hari dan menjadi kebiasaan.
  • janjikan diri anda terhadap sesuatu setelah anda menyelesaikan suatu pekerjaan

    contohnya :
    jam 19.00 rencana mau belajar, sudah bersiap-siap untuk mengerjakan tugas Teknik instalasi misalnya, mulai menghidupkan laptop, setelah itu anda terfikir untuk membuat kopi sebagai teman belajar, mulai bergerak menuju dispenser dan membuat kopi, sudah terlewat 5 menit, kemudian berencana ingin meminum kopi seteguk tetapi kopi masih panas, terfikir untuk memutar lagu sebentar sambil menunggu kopi dingin, tak sadar sudah terlewat 20 menit, jam menunjukkan 19.30, kopi sudah dingin dan langsung meminumnya (sekali teguk langsung habis, haha). mulai mengerjakan tugas dan mencari-cari filenya di komputer, kemudian tugas tersebut memaksa kita untuk mencari materi tambahan di internet, langsung deh online, tapi sebelum cari materi mau lihat facebook dulu ahhh, dan bla bla bla seperti ilustrasi sebelumnya diatas, dan waktu pun terlewat begitu saja.

    Coba lakukan ini
  • sebelum mengerjakan tugas, tutup mata anda dan bayangkan bahwa anda mengerjakan tugas itu dengan baik dan dapat menyelesaikannya, setelah itu mulailah bekerja, janjikan pada diri anda bahwa anda akan membuat segelas kopi jika telah menyelesaikan 1/4 tugas tersebut, dengan begitu anda akan berusaha menyelesaikan tugas tersebut, tak terasa setelah berusaha anda telah mengerjakan 1/4 dari tugas tersebut dan anda mulai membuat kopi dengan semangat, tapi kopinya terlalu panas untuk bisa diminum jadi sembari menunggu kopi dapat diminum, kerjakan 1/4 lagi laporan tersebut, dan tan tanpa terasa anda telah menyelesaikan 1/2 dari laporan tersebut, laporan tersebut memaksa kita untuk mencari materi tambahan di internet, dan saat itu anda tergoda untk membuka Facebook. tapi tunggu dulu, janjikan pada diri anda saya tidak akan membuka facebook setelah laporan saya selesai, dan anda mulai mengerjakan laporan anda, dan akhirnya laporan anda selesai hanya dalam waktu 1 jam, dan anda pun masih sempat membuka acount facebook anda.
    haha


masih banyak poin poin penting lainnya dan akan saya lanjutkan di postingan berikutnya

Benbenquantum.blogspot.com

Unknown

Blog ini merupakan media yang menampung berbagai gagasan dan curahan perasaan saya. Silahkan bagikan jika anda menganggapnya baik dan berikan kritik jika anda menemukan hal yang dapat saya perbaiki. Saya harap pembaca bisa bersikap kritis dalam membaca blog ini. Terimakasih telah berkunjung.

7 comments:

  1. Luar biasa artikelnya
    ijin share

    ReplyDelete
  2. nice, amazing buat si Beny septian pardede :)

    ReplyDelete
  3. Ulasan dan analisis yang menarik ben. Bnar ben, kita (mahasiswa) sering skali ngoceh soal negara ini, istilah kasarnya "sok kritis" gitu. Kritis bisa sih asal jangan omdo... 1 action is better then 1000 words.

    Tertarik juga pada analisis ttg kualitas waktu... Sungguh terlalu,hampir 70% waktu kita cman untuk hal2 yang "tidak berguna". Kalau ditanya solusi ttg hal ini, jawaban abstraknya ada di pelajaran PPKn SD yaitu mencintai pekerjaan.Solusi konkritnya : berdoa dan langkah2 di buku how to save itu ben, aku suka ama ulasan buku itu... mnarik untuk dibaca. Aku pinjam yah ben, heheh.

    Berubah karena pembaharuan budi.... Gb.

    ReplyDelete
  4. Terimakasih atas kunjungannya bang
    oke bang, nanti saya pinjamkan

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum. . .
    Atau bagaimana tukar jadwal kuliah denganku yang tiap hari rata-rata berkuliah kurang lebih 8 jam sehari mulai hari senin sampai jumat
    Ada kuliah malam pula dan mungkin apel tiap hari rabu dan kamis jam 7 pagi no telat
    Jadwal sampeyan itu termasuk enak, harusnya bisa lebih produktif menggunakan waktu

    Semangat ya dulur, semoga kita sama-sama sukses :)

    ReplyDelete
  6. untuk mas sebuah perjalanan
    iya mas, makanya saya berusaha untuk menggunakan waktu supaya lebih produktif, timeline diatas adalah timeline yang lama.
    kita harus meningkatkan kualitas waktu kita sebagai mahasiswa, memilah mana yang Urgent, important dan nothing.
    terimakasih telah berkunjung

    ReplyDelete