Keunggulan Bandara Kualanamu

0 Comments



Rabu 25 Juli 2013 adalah hari dimana Bandara Internasional Kualanamu resmi beroperasi dan menggantikan Bandara Internasional Polonia, bandara tersebut selanjutnya akan menjadi bandara yang melayani daerah Sumatra Utara, baik untuk penerbangan domestik maupun internasional. selesainya bandara Kualanamu merupakan suatu kebanggan bagi anak bangsa karena bandara tersebut menyandang status bandara "termodern" di Indonesia dan merupakan bandara terbesar kedua di Indonesia setelah bandara Soekarno Hatta Jakarta, Kualanamu juga dibangun dengan gaya arsitektur yang futuristik.

Posisi


Bandara Internasional Kualanamu terletak di kecamatan Beringin, kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara. dengan koordinat 3°37'52"N   98°52'30"E . Jarak bandara kualanamu terbilang cukup jauh dari kota medan, yaitu sekitar 30-40 km, tentunya hal tersebut adalah baik karena sebuah bandara udara umumnya harus berada didaerah yang memiliki populasi penduduk yang sedikit dan kebanyakan bandara terletak didekat laut.

Adapun arah runway dari bandara kualanamu di 50 derajat dan 230 derajat (arah referensi adalah utara).




Teknologi dan Fasilitas bandara


Bandara Kualanamu memiliki luas daerah yang cukup besar, total luas bandara adalah 1.365Ha, bandara ini merupakan bandara terbesar kedua setelah Soekarno-Hatta yang  memiliki luas 1.800Ha. Dengan luas terminal 118.930 meter persegi, bandara dapat menampung 8.1 juta penumpang pertahun.



Bandara Kuanalamu merupakan bandara pertama yang memiliki kereta bandara sebagai transportasi untuk mengakses bandara, kalau tidak salah keretanya langsung didatangkan dari korea lho gan.

Tidak seperti banda Polonia yang tidak memiliki Garbarata, bandara Kualanamu dilengkapi 8 unit Garbarata, dengan Garbarata penumpang akan lebih mudah untuk masuk kedalam pesawat, dengan kata lain efisiensi bandara akan meningkat.



Bentuk bangunan Bandara Kualanamu sangat furusitik dan modern, struktur eksterior bandara mayoritasnya dilapisi oleh kaca sehingga membuat bandara tersebut tampak elegan, dari ruang tunggu (Boarding Room) kita juga dapat melihat pesawat yang berlalu lalang di apron dan taxiway.



Anda tidak perlu mengantri berlama-lama saat melakukan check-in, karena bandara Kualanamu menyediakan 80 counter check-in dengan kualitas dunia.



Tidak perlu takut bagasi anda akan tertukar atau tertinggal, bandara Kualanamu sudah dilengkapi dengan Automatic BHS (Baggage Handling System), sistem terpadu yang akan mengontrol seluruh barang bawaan penumpang, barang bawaan anda akan diberi semacam barcode dan kemudian sistem akan membawa barang anda ke tujuaannya (ke lokasi pesawat anda), sistem ini sudah terbukti kehandalannya. dengan sistem ini campur tangan tenaga manusia akan lebih sedikit diperlukan. sebagai informasi, sistem ini yang pertamakali digunakan di Indonesia.



Design interior yang mengaggumkan, kesan yang begitu mewah, didalam terminal juga disediakan daerah komersil berupa toko yang menjual berbagai macam barang dan souvenir, ada pula Food Spot, Fashion Store, ticket sales dan usaha comersial lainnya yang dapat memanjakan anda dan menemani anda disaat menunggu keberangkatan pesawat anda, it is awesome!!





Anda tidak akan lelah untuk menjelajahi bandara Kualanamu, karena bandara Kualanamu telah dilengkapi dengan Eskalator, Lift dan Travelator. untuk berpindah dari lantai ke lantai cukup dengan menekan tombol. Untuk informasi anda, bandara Kualanamu terdiri dari 3 lantai.




sebagai bandara yang berkualitas, kualanamu menyediakan Information Center dan dilengkapi dengan banyak sekali panel LCD yang akan menampilkan informasi mengenai jadwal keberangkatan secara real-time dan informasi lainnya. anda juga tak perlu bingung dan takut tersesat, petunjuk yang digunakan dibandara ini sangat lengkap dan mudah dimengerti.



tidak hanya fasilitas internal seperti terminal bandara yang harus berstandar internasional, infrastruktur eksternal bandara juga harus diperhatikan, tapi kita perlu berbangga karena fasilitas eksternal bandara Kualanamu juga luar biasa. contohnya Runway, Runway di Kualanamu memiliki panjang 3750m yang permukaannya berupa aspal. dengan panjang runway tersebut, bandara kualanamu secara teknis dapat menampung pesawat a380. (pesawat a380 merupakan pesawat berpenumpang terbesar dengan 2 buah lantai yang diproduksi oleh airbus). pencahayaan pada Runway sangat bagus, bahkan seorang pilot yang telah mendarat dikualanamu mengagguminya. Apron Kualanamu juga sangat luas sehingga dapat menampung 33 pesawat per jam, luas Apron adalah 30 ha (Apron merupakan tempat parkir pesawat)




Bandara Kualanamu juga dilengkapi dengan fasilitas radar dan peralatan instrumentasi yang canggih, sistem terpadu ini akan memandu pesawat dan memberikan informasi penting yang diperlukan pilot saat landing, take-off maupun saat taxi di darat.




Transportasi menuju bandara

Sebuah bandara dikatakan baik jika terinterkoneksi dengan alat transportasi lainnya atau setidaknya terdapat transportasi umum untuk meraihnya, untuk hal ini bandara Internasional Kualanamu dapat berbangga, karena dari seluruh bandara di Indonesia hanya bandara Kualanamu yang baru dilengkapi dengan kereta bandara, sayangnya kereta yang dikelola oleh PT Railink ini hanya dapat digunakan dari stasiun besar medan menuju kualanamu dan sebaliknya, stasiun kereta bandara bergabung dengan kereta yang melayani jalur sumatra. ada beberapa macam akses yang dapat anda pilih untuk menuju ke dan pergi dari kualanamu, yaitu:


Kereta Bandara



seperti yang telah dibahas diatas, kereta bandara merupakan alat transportasi yang saya sarankan untuk menuju kualanamu saat ini, mengingat akses jalan yang belum rampung seluruhnya, alasan lainnya adalah karena waktu keberangkatan kereta yang pasti dan waktu tempuh yang sangat cepat yaitu 37 menit. dibawah ini jadwal keberangkatannya

tarif satu kali perjalanan adalah Rp.80.000. untuk kebanyakan masyarakat tarif tersebut cukup mahal.



Bus Damri




Seperti halnya di bandara Soekarno Hatta, kita juga dapat menggunakan bus Damri untuk mencapai bandara Kualanamu, tarif yang diterapkan adalah Rp.10.000 dari Amplas, dan Rp.15.000 dari terminal Plaza Medan Fair (biasa disebut Carrefour). tarif tersebut terbilang cukup murah dibanding dengan menggunakan kereta bandara. dari situs resmi PT. Angkasa Pura II, lama perjalanan yang ditempuh dengan bus Damri sekitar 1 jam dan periode kepergian bus  adalah setiap 15-30 menit. mengutip harian sumut pos, jumlah bus yang dioperasikan saat ini masih 20 unit, 10 unit di Amplas dan 10 unit di Plaza medan fair.

yang perlu diperhatikan saat anda menggunakan Damri untuk menuju bandara adalah anda harus datang lebih cepat karena banyaknya penumpang dalam satu bus sekitar 30-35 penumpang, dan walaupun bus belum terisi penuh, bus akan tetap berangkat menuju bandara sesuai jadwalnya. tak perlu kwatir akan barang bawaan anda, karena bus dilengkapi dengan bagasi dalam dan luar. jika anda membawa laptop disarankan untuk membuat tas dipangkuan anda.


*saat jam sibuk mungkin waktu tempuh akan lebih lama mengingat kemacetan yang terjadi di beberapa ruas jalan, jadi pastikan anda berangkat lebih awal.


Taxi


Anda juga dapat menggunakan Taxi untuk menuju Kualanamu, akan tetapi akses jalan yang belum selesai memperlama durasi tempuh dengan Taxi dan bus, perjalanan akan ditempuh selama 60-90 menit dari kota Medan. akan tetapi anda harus membayar lebih mahal jika memilih transportasi ini.
berdasarkan simulasi yang telah dilakukan pada saat yang lalu, rata-rata hargo taksi dari kota medan sekitar Rp.130.000 sampai ke Kualanamu.


PT Angkasa Pura II dalam situs resminya memberikan referensi beberapa jenis brand taxi yang dapat anda pilih.




Bus ALS

Bagi Masyarakat yang tinggal disekitar Binjai, dapat menggunakan Bus ALS untuk menuju Kualanamu, karena PT ALS merupakan salah satu perusahaan yang memenangkan tender angkutan bandara Kualanamu, tarif dengan menggunakan bus ALS adalah Rp.30.000. bus dapat ditempati sekitar 30 penumpang.





"Kita patut berbangga memiliki bandara yang begitu megah seperti Kualanamu Internasional Airport (KNIA)"






Referensi :
id.wikipedia.co.id
kompas.com
detik.com
Vivanews.com

Sebagian gambar diambil dari
youtube : http://www.youtube.com/watch?v=ucRTf4cAbPI
www.google.com


Unknown

Blog ini merupakan media yang menampung berbagai gagasan dan curahan perasaan saya. Silahkan bagikan jika anda menganggapnya baik dan berikan kritik jika anda menemukan hal yang dapat saya perbaiki. Saya harap pembaca bisa bersikap kritis dalam membaca blog ini. Terimakasih telah berkunjung.

0 comments: