ANALISIS PENEMPATAN KAPASITOR PADA SISTEM DISTRIBUSI TENAGA LISTRIK (PEMAHAMAN DASAR)

0 Comments

Oleh :
BENY SEPTIAN PARDEDE


REFERENSI UTAMA :
  • Turan, Gonen. 1986. Electric Power Distribution System Engineering. United States of America : McGraw-Hill.
  • Baran and F. Wu. Optimal Capacitor Placement on Radial Distribution System. IEEE PES Winter Meeting. Paper No.88WM 064-8. 1988
Sumber gambar : http://img.directindustry.com/images_di/photo-g/pole-mounted-capacitor-banks-70728-2773879.jpg


Pemasangan kapasitor pada sistem distribusi sangat sering dilakukan, pemasangan kapasitor tersebut dilakukan untuk beberapa tujuan seperti : memperbaiki reglasi tegangan, memperbaiki faktor daya, kompensasi daya reaktif, meningkatkan kapasitas saluran dan mengurangi rugi-rugi.
Namun permasalahannya adalah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum pemasangan kapasitor, yaitu :
  • Berapa ukuran kapasitor
  • Jenis pemasangan kapasitor (shunt atau seri)
  • Lokasi pemasangan kapasitor
  • Tipe kapasitor (kapasitor switch atau kapasitor statis)
  • Bagaimana kontrol kapasitor

Hal-hal diatas sangat perlu diperhatikan, karena jika terjadi kesalahan analisis atau perhitungan saat pemasangan kapasitor, bukannya sistem menjadi lebih baik, melainkan dapat menjadi lebih buruk dan dapat membahayakan. Misalnya ketika ukuran kapasitor yang dipasang melebih dari yang seharusnya, dapat terjadi overvoltage (tegangan yang diterima melebihi tegangan yang seharusnya). Dan juga kita perlu menganalisis pemasangan kapasitor dari sudut pandang ekonomi, apakah keuntungan yang diperoleh utility akibat pemasangan kapasitor memang lebih besar daripada biaya pemasangan kapasitor tersebut.
Dengan referensi diatas dan pengetahuan yang saya peroleh dari mata kuliah Power System Distribution, saya akan mencoba membagikan kepada teman-teman pengetahuan dasar mengenai pemasangan kapasitor pada sistem distribusi.

Unknown

Blog ini merupakan media yang menampung berbagai gagasan dan curahan perasaan saya. Silahkan bagikan jika anda menganggapnya baik dan berikan kritik jika anda menemukan hal yang dapat saya perbaiki. Saya harap pembaca bisa bersikap kritis dalam membaca blog ini. Terimakasih telah berkunjung.

0 comments: