ANALISIS LOADFLOW (ALIRAN BEBAN) DENGAN METODE GAUSS SEIDEL

Sumber gambar : http://colbycoengineering.com/


Analisis aliran daya merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh seorang power system engineer, karena hal ini merupakan sesuatu yang sangat diperlukan dan menjadi dasar untuk melakukan analisis lainnya. 

Salah satu topik yang harus dikuasai didalam analisis sitem tenaga adalah analisis aliran daya, aliran daya yang dimaksud adalah berapa besar daya aktif maupun reaktif yang mengalir dari satu bus ke bus lain melalui saluran, dengan analisis ini kita diharuskan terlebih dahulu untuk menghitung variabel-variabel seperti tegangan, sudut dan daya aktif dan reaktif yang dibangkitkan pada tiap-tiap bus. Selain mendapatkan informasi aliran daya, kita juga dapat menghitung berapa besar rugi-rugi yang terjadi pada saluran.

Mengapa perlu mempelajari hal ini, karena analisis ini akan digunakan didalam operasi, perencanaan dan juga keperluan penjadwalan ekonomis dari sistem tenaga listrik, dan juga akan dibutuhkan untuk analis lainnya seperti analisis kontigensi dan stabilitas. Sangat penting bukan?

4 Variabel penting : Tegangan, sudut tegangan, daya aktif, daya reaktif

MENGENAL JENIS-JENIS BUS

Umumnya bus-bus yang ada pada sistem tenaga listrik diklasifikasikan kedalam 3 jenis, yaitu :
  1. Bus Slack/ Bus  reference
    Contoh dari jenis bus ini adalah gardu induk PLN yang mampu mengalirkan daya aktif dan reaktif, pada bus ini variabel tegangan dan sudut tegangan telah didapatkan, dan nilainya tetap.
  2. Bus PV
    Contoh dari bus ini adalah generator yang dipasang pada sistem, seperti namanya, tegangan dan daya aktif (P) pada bus ini telah ditetapkan, karena memang generator memiliki rating daya dan tegangan.
  3. Bus beban
    Beban sistem termasuk kedalam jenis bus ini, kita mengetahui bahwa beban listrik berubah-ubah terhadap waktu, tetapi didalam analisis aliran daya, beban bersifat tetap atau dicuplik pada suatu waktu tertentu.

Karakteristik bus


MENGHITUNG ADMITANS SALURAN






Unknown

Blog ini merupakan media yang menampung berbagai gagasan dan curahan perasaan saya. Silahkan bagikan jika anda menganggapnya baik dan berikan kritik jika anda menemukan hal yang dapat saya perbaiki. Saya harap pembaca bisa bersikap kritis dalam membaca blog ini. Terimakasih telah berkunjung.

0 comments: