PERBEDAAN STANDAR DEVIASI POPULASI DAN SAMPEL

Sumber gambar :s1stat.fmipa.ugm.ac.id


Umumnya banyak sekali orang yang masih bingung terhadap standar deviasi populasi dan standar deviasi sampel, karena memang keduanya berbeda. Standar deviasi merupakan suatu nilai yang menunjukkan sebaran atau variasi data yang ada, semakin besar nilai standa deviasi maka semakin besar variasi antar data tersebut, contohnya didalam pengukuran, ketika kita melakukan pengukuran sebanyak 10 kali dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang tepat, namun standar deviasi dari 10 data yang diperoleh tersebut sangat besar, yang berarti bahwa terjadi error yang sangat besar didalam pengukuran kita tersebut.

Kapan kita menggunakan standar deviasi populasi dan standar deviasi sample?. Ketika data yang kita miliki adalah data populasi, yang artinya data tersebut berdasarkan semua unit didalam populasi, contohnya guru yang ingin menghitung standar deviasi nilai 40 orang siswanya, dia memiliki nilai seluruh siswa tersebut (40 data), hal tersebut merupakan data populasi, maka dia dapat menggunakan persamaan standar deviasi populasi.

Sumber gambar :statistics.laerd.com
Ketika seorang peniliti ingin mencari standar deviasi tinggi pria yang berusia 35-40 tahun di sebuah negara, maka dia akan mengambil beberapa orang sebagai sample dari populasi, maka dia harus menggunakan standar deviasi sample.
Sumber gambar : statistics.laerd.com


Unknown

Blog ini merupakan media yang menampung berbagai gagasan dan curahan perasaan saya. Silahkan bagikan jika anda menganggapnya baik dan berikan kritik jika anda menemukan hal yang dapat saya perbaiki. Saya harap pembaca bisa bersikap kritis dalam membaca blog ini. Terimakasih telah berkunjung.

3 comments:

  1. ada contoh soalnya tidak kak? saya masih bingung kalau belum diaplikasikan ke soal :(

    ReplyDelete
  2. Masih agak bingung sama perbedaan nya..

    ReplyDelete