Tutorial GUI (Graphical User Interface) pada MATLAB

, 1 Comments

Sumber gambar : http://obasic.net/

Kita biasanya menggunakan matlab untuk melakukan perhitungan, awalnya kita harus menuliskan program di m-file, didalam program tersebut tentunya kita memasukkan nilai-nilai parameter yang akan dihitung, kemudian melakukan run, dan kita dapat melihat hasilnya melalui command window. Tentunya output yang dilihat dari command window hanya berupa teks, dan tidak terlihat menarik.

Selain itu Matlab juga menyediakan fasilitas GUI bagi penggunanya, didalam penggunaan GUI kita akan menggunakan 2 jenis file, m-file dan fig file. Ada 2 metode untuk dapat membuat GUI pada Matlab, yaitu dengan menggunakan pemrograman langsung atau menggunakan "guide", yaitu pemrograman berbasis grafis (GUI). Dengan guide pengguna akan sangat dimudahkan, karena hanya perlu melakukan drag and drop komponen pada fig-file dan kemudian Matlab sendiri yang akan men-generate m-file sesuai dengan fig-file yang telah dibuat.

Didalam artikel ini, kita akan belajar bersama bagaimana untuk menggunakan GUI Matlab, akan tetapi sebenarnya anda dapat melihat tutorial yang disediakan sendiri oleh Matlab disini

* Mohon tunggu sebentar artikel didalam proses penyelesaian
* Atau tuliskan email anda agar artikel dikirim secara langsung

Unknown

Blog ini merupakan media yang menampung berbagai gagasan dan curahan perasaan saya. Silahkan bagikan jika anda menganggapnya baik dan berikan kritik jika anda menemukan hal yang dapat saya perbaiki. Saya harap pembaca bisa bersikap kritis dalam membaca blog ini. Terimakasih telah berkunjung.

1 comment: