Cara memperbaiki flash internal kamera yang tidak mau terbuka

6 Comments

Ada 2 permasalahan utama yang saya temui terkait tidak terbukanya flash kamera canon, yaitu karena bagian dalam dari flash kotor atau soket diatas flash tertekan.

Flash tidak mau terbuka setelah anda memasang speedlight.

Jika anda menemui masalah ini setelah anda memasang speedlight atau flash internal, anda tidak perlu khawatir, hal ini disebabkan karena besi yang terletak pada soket diatas flash internal masih tetap tertekan dan tidak kembali ke posisi semula, hal ini mengakibatkan kameran anda seolah-olah masih dipasangi flash eksternal, sehingga kamera memberi perintah agar flash internal tidak boleh dibuka. 

Untuk mengatasinya lakukan ini, tarik (congkel) keatas lempengan besi yg ada diatas flash internal anda. Lakukan pada kedua sisi. Dan coba kamera anda.

Jika anda masih bingung, lihat tutorial dibawah ini


Flash tidak mau terbuka karena bagian dalam dalam kotor atau usia sudah tua.

Untuk mengatasi hal ini, tekan bagian sisi samping flash, dengan tangan anda. Hal ini lumrah di temui pada kamera yang sudah tua, dan biasanya dapat diperbaiki sendiri. Tapi saya menyarankan anda untuk membawa kamera anda ke tempat reperasi kamera terdekat.

Unknown

Blog ini merupakan media yang menampung berbagai gagasan dan curahan perasaan saya. Silahkan bagikan jika anda menganggapnya baik dan berikan kritik jika anda menemukan hal yang dapat saya perbaiki. Saya harap pembaca bisa bersikap kritis dalam membaca blog ini. Terimakasih telah berkunjung.

6 comments:

  1. om, mau tanya,,
    ane pake fujifilm finepix s4400
    kondisinya gini om,, kalo ane foto pake flash (flash dalam keadaan hidup/terbuka) ko ga bisa di pencet yaa, kira2 kenapa ya om, thx

    ReplyDelete
  2. Saya mau nanya flash saya kadang kena kadang ga kira kira kenapa yaa

    ReplyDelete
  3. Saya mau nanya flash saya kadang kena kadang ga kira kira kenapa yaa

    ReplyDelete
  4. Selamat Pagi,

    mohon pencerahaanya, saya memiliki yn 560ii, saat digunakan hasil flash (lampu) nya untuk 1/1,1/2,1/4…1/128 hasilnya sama semua (zoom & posisi sama), dan baterai cepat habis saat akan diganti baterai sangat panas (tidak normal).

    Mohon solusi,
    Terimakasih atas bantuannya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf mas, saya tidak tau solusinya. Bawa ke service center aja mas.

      Delete
  5. Selamat siang,, saya pnya kamera eso 600D lampu flashnya terbuka hny saja lampunya tdk hdp. Biasanya itu knp yah too??

    ReplyDelete