REVIEW TEKNIK ELEKTRO UGM | BAGAIMANA KULIAH DI TEKNIK ELEKTRO UGM

, , , 21 Comments

Image source : https://daks2k3a4ib2z.cloudfront.net


Sebelum membahas mengenai teknik elektro UGM, ada baiknya adik-adik mengetahui definisi dari kata teknik. Kata teknik atau dalam bahasa inggrisnya engineering merupakan sebuah proses merekayasa, bahasa sederhananya kita mengusahakan sesuatu agar bisa lebih baik dan dapat digunakan untuk sebuah keperluan. Nah teknik itu banyak macamnya, salah satunya teknik elektro (electrical engineering).


Di Indonesia, universitas yang memiliki program studi teknik elektro cukup banyak, ada UGM, UI, ITB, ITS, USU, dll. Dalam memilih jurusan, saya sarankan adik-adik untuk memilih program studi yang sesuai dengan kemampuan dan kegemaran (passion) dahulu, baru setelah itu milih universitasnya.

Sebelum masuk ke review saya mau cerita dulu deh. Saya dulunya ikut SNMPTN tertulis pada tahun 2011, saya suka teknik elektro karena ketika SMP dan SMA saya suka fisika. Saya juga menyukai matematika dan kimia, namun rasa suka saya tidak sebesar fisika. Setelah itu saya mencari informasi jurusan-jurusan apa sih yang sesuai dengan minat saya, ada beberapa pilihan yaitu: teknik elektro, teknik sipil, teknik mesin, elektronika dan instrumentasi, mipa fisika. Kemudian masing-masing program studi saya gali lagi, saya memutuskan untuk mengeluarkan teknik sipil dari pilihan saya karena saya tidak suka menggambar, apalagi menggambarnya harus detil, (FYI: teknik sipil berbeda dengan arsitektur). Teknik mesin juga begitu, ntah kenapa saya tidak tertarik dengan teknik mesin, sama halnya dengan mipa fisika alasanya mipa itu terlalu teori. Tinggal lah 2 pilihan, teknik elektro atau elektronika dan instrumentasi, saya lihat peluang kerja tampaknya teknik elektro cukup menggoda.

Namun passing grade teknik elektro hampir di seluruh universitas sangat tinggi, dan itupula alasan saya memilih teknik elektro, selain karena prospek kerjanya, tampaknya sangat menantang. Kemudian saya pilih universitas, pilihan saya di program studi teknik elektro ITB, UGM, UI, ITS, USU. Dengan beberapa pertimbangan, saya pilihlah teknik elektro UGM, dengan nilai tambah uang untuk kebutuhan sehari-hari di Yogya terbilang murah dan dengan daya tarik kota budaya serta kota pendidikan. Teknik elektro di ITB, UI, ITS, USU, UNPAD, UNDIP, dan universitas lainnya gak kalah keren kok, namun kamu harus bisa menyesuaikan dengan kemampuanmu.

Setelah masuk, ternyata ekspektasi saya terhadap teknik elektro benar, teknik elektro itu keren!! Keren banget men masuk teknik elektro. Kalau kamu ingin mainin robot, programming, belajar ilmu sistem tenaga listrik (pembangkit listrik, transmisi dan distribusi), belajar soal petir, belajar medan elektromagnetis, tempatmu ya di teknik elektro.

Jadi prodi teknik elektro di UGM dibawah satu departemen dengan prodi teknologi iformasi (IT), jadi teknik elektro dan teknologi informasi itu saudara dekat dan biasa disingkat dengan TETI.
Program studi Teknik elektro di UGM pada semester 4 dipisah menjadi 2 konsentrasi, yaitu konsentrasi STL (Sistem Tenaga Listrik) atau biasa disebut arus kuat dan SIE (Sistem Isyarat dan Elektronis) biasa disebut arus lemah. Kamu jangan mikirin dulu dari sekarang mau masuk kemana, nanti taunya setelah mulai kuliah. Jadi STL itu belajar seputar sistem tenaga listrik yaitu pembangkit sistem tenaga listrik, transmisi, distribusi, pembagian beban, energi, dll. Sedangkan SIE itu ada pembagian sub konsentrasi lagi, ada elektronis, kendali, telekomunikasi, saya lupa satu lagi.

Kuliahnya banyak pakai fisika, terutama fisika elektro. Matematika itu dipakai tapi ga terlalu sering. Tapi kalau di progdi SIE sedikit lebih banyak dibanding STL. Di elektro kamu harus bisa berpikir abstrak karena ilmu elektro itu banyak yg tidak terlihat, seperti medan elektrik dan medan magnet, dll. Di elektro kamu juga akan belajar bahasa pemrograman, seperti C, C++, Pascal, dll.

Di Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (DTETI) kamu pasti nyaman deh, karena staff dan KM nya luar biasa, KM DTETI salah satu KM terbaik di UGM lo. Pelayanannya luar biasa, segala informasi dapat diperoleh dengan mudah, Dosennya juga udah seperti keluarga, percaya deh sama saya, hehehe. Dan paling penting, kamu ga bakalan kehabisan kegiatan non kuliah di DTETI, karena hampir tiap minggu ada kegiatan-kegiatan soft skill biasanya melalui SG, pembicara dan topiknya juga yang dibutuhkan mahasiswa. Ini nih video profil KMDTETI


Untuk prestasi DTETI udah banyak banget ya, mulai dari nasional dan internasional. Dosen di DTETI sudah banyak yang profesor yang lulusan S2 dan S3 dari luar negeri. Dan yang paling membanggakan lagi, DTETI lab nya lengkap, semua kebutuhan kamu terkait research dapat dilayani dengan baik deh.

Untuk bahasa pengantar menggunakan Bahasa Indonesia, tapi ada beberapa dosen yang pakai Bahasa Inggris. Tapi kemampuan bahasa inggris sangat penting kalau kamu mau kuliah di teknik elektro UGM, karena hampir semua buku pengantar (academic text book) pakai bahasa inggris. Kalau mau tau kurikulum semester 1 dan 2 teknik elektro bisa klik disini.

Untuk melihat lebih jauh kunjungi saja website resmi DTETI UGM di link ini

Prospek kerja luas banget, mulai dari kerja di PLN, Oil and Gas Company (tidak utk 2 tahun kedepan karena harga minyak lagi turun), banyak banget deh pokoknya. 

Cukup sekian review saya mengenai teknik elektro UGM, jika ada pertanyaan silahkan komen dibawah. 

Bagi teman-teman yang mau kontak silahkan follow akun instagram saya di @benypardede atau kunjungi link ini atau silahkan mampir di channel youtube saya disini.

Jangan hanya berhenti di mimpi adik-adik, wujudkan mimpimu, semua orang memiliki peluang yang sama, contohnya saya, saya hanya anak kampung yang tinggal di sebuah Kabupaten di Provinsi Sumatra Utara, membutuhkan waktu 7 jam dari Medan. Namun walaupun saya anak desa, saya berani bermimpi dan terpenting berani berusaha dengan keras untuk mewujudkan mimpi. Ini kata-kata yang menyemangati saya saat masa-masa persiapan SNMPTN Tertulis:

Semua orang memiliki peluang yang sama, perbedaannya adalah ketika orang lain masih nyeyak dalam tidurnya atau masih santai menghabiskan waktunya bermain, namun di waktu yang sama ada beberapa orang yang sedang berusaha keras untuk mempersiapkan dirinya.
Terimakasih telah berkunjung.

Unknown

Blog ini merupakan media yang menampung berbagai gagasan dan curahan perasaan saya. Silahkan bagikan jika anda menganggapnya baik dan berikan kritik jika anda menemukan hal yang dapat saya perbaiki. Saya harap pembaca bisa bersikap kritis dalam membaca blog ini. Terimakasih telah berkunjung.

21 comments:

  1. Gan,mau tanya.Pembagian konsentrasinya sesuai minat kita atau nanti ditentukan?tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pembagian konsentrasi kita yang menentukan sendiri gan.
      Terimakasih telah berkunjung
      :)

      Delete
  2. Berarti sesuai minat kita kan?._.

    ReplyDelete
  3. Kuliah di UGM suasananya kampus dan lingkungan masyarakat sekitar kampus enak nggak gan? apakah lingkungannya mendukung buat kita ngembangin minat non-akademik melalui komunitas atau apapun diluar kampus? thanks.

    ReplyDelete
  4. Kuliah di UGM suasananya kampus dan lingkungan masyarakat sekitar kampus enak nggak gan? apakah lingkungannya mendukung buat kita ngembangin minat non-akademik melalui komunitas atau apapun diluar kampus? thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satu yang buat saya milih kuliah di UGM karena kondisinya yang sangat mendukung, dan itu terbukti ketika saya mulai menginjakkan kaki di Yogyakarta. Kalau soal komunitas non akademik menurut saya lumayan banyak.

      Delete
  5. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Studi Elektronika, menurut saya bidang studi Elektro studi yang sangat menarik
    juga banyak hal yang bisa dipelajari di dunia Elektro.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis
    mengenai bidang terkait yang bisa anda kunjungi di Studi Elektronika

    ReplyDelete
  6. Gan, ada list mata kuliah teknik elektro ugm gak? Saya nyari2 gk dapet, gk kayak prodi lain(mudah didapat). Soalnya saya masih bingung mau ke Ti arau TE

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini dek http://www.benypardede.com/2015/04/kurikulum-teknik-elektro-ugm.html

      Delete
  7. Bang ane sekarang kuliah juga di DTETI, sekarang semester 3, FYI, kurikulum baru banget(baru seminggu lalu dipublikasikan) sekarang Konsentrasinya buat TE ada 5, Teknik Tenaga Listrik, Teknik Telekomunikasi, Teknik Komputer, Instrumentasi Kendali, dan Pengolahan Isyarat(disini ada Biomedikanya). Abang udah lulus bang? Mulai semester 2 IP merosot bang :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rayhan, iya kemarin aku juga dapat info dari Tomy 2015 juga kalau konsentrasi kita ditambah. Bagus itu karena kurikulum dirombak untuk mengikuti perubahan dan kebutuhan dunia industri saat ini. Aku udah lulus Rayhan. :D

      Delete
  8. Semoga tahun 2017 bisa lolos di UGM dengan Program Studi Teknik Elektro. Sebetulnya saya lulusan tahun 2016, tapi saya gagal masuk saringan di PTN pada tahun ini, jadi ya nunda 1 tahun sekaligus belajar sama bener-bener ngenali diri sendiri.

    Saya pejuang Teknik Informatika, tapi akhir-akhir ini aku pikirkan dalam2 lagi sebenarnya apa sih yang aku inginkan akhirnya aku sudah memutuskan untuk tahun depan berjuang untuk Teknik Elektro. Pola pikir saya mengenai pilih jurusan itu "Jurusan yang membuatku tertantang untuk mempelajarinya, ilmunya juga harus keren gak hanya keren sih tapi bisa membuat diri ini tertantang untuk mempelajarinya", maaf nih jadi cerita wheheheh.

    Semoga tahun depan aku bisa jadi Maba di UGM, terima kasih banyak atas artikelnya hehehehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat dek, dan yang penting selain berusaha adalah berdoa!

      Delete
    2. Semoga kita bisa ketemu di ugm tahun depan broo, aku pengennya elektro tapi malah dapat sipil tahun ini... masuk sipil karna dengar kata2 org lain padahal passion aku bukan disini :-) haha..
      Bukannya gak bersyukur sih, soalnya aku dari sma emang ingin masuk elektro, tapi karna sbmptn kurang persiapan jd dapat hikmahnya aja deh..
      Wakwaw

      Delete
    3. Apakah anda sekarang keterima di T. Elektro UGM

      Delete
  9. Gan,ga ada sosmed lain. soalnya mau tanya2 banyak tentang teknik elektro ugm. makasi

    ReplyDelete
  10. Gan fisika saya kalo dibilang msh dibawah standar tapii saya minat di teknik elektro komputer, gimana kira2 gan, bisa gak saya ambil jurusan itu?

    ReplyDelete
  11. GAN, ANAK IPS BISA MASUK NGGAK YA?

    ReplyDelete